Rabu, 23 Desember 2015

Maulid 2015


Sahabat dan Kerabat, tahun 2015 segera akan berlalu dan tahun 2016 segera akan datang. Kita berharap semoga di tahun yang akan datang nanti, kita semua akan bisa mendapatkan kesuksesan dan kejayaan dengan keberkahan yang lebih dari tahun-tahun yang sebelumnya.

Sahabat dan Kerabat, diakhir tahun 2015 ini telah datang sa'at dimana dahulu Nabi Muhammad SAW. dilahirkan. Sebagian orang ada yang memperingatinya, sebagian lagi tidak. Sebagian ada yang menganggap bahwa peringatan itu adalah bid'ah, sebagian lagi ada yang menganggapnya bukan, kemudian ada juga yang menganggapnya sebagai bid'ah hasanah, yaitu bid'ah yang baik untuk dilaksanakan.

Silahkan berpegang kepada keyakinannya masing-masing, yang tentunya mempunyai dasar pertimbangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak perlu-lah kita memperdebatkannya.

Sahabat dan kerabat, bagi yang memperingatinya pasti tidak banyak yang tahu bahwa tahun 2015 ini adalah tahun yang istimewa, dimana peringatan Maulid Nabi pada tahun ini dilaksanakan selama 2 kali dan ini hanya akan terjadi dalam setiap 33 tahun sekali !!!.

Kok bisa ya ?.

Menurut penjelasan dari ahli-ahli ilmu falak, hal ini disebabkan karena tahun Hijriyah lebih singkat dari tahun Miladiyah (Masehi) dengan selisih waktu selama 11 hari lamanya.

Kejadian yang sama seperti ini terakhir kali terjadi pada tahun 1982, yang mana pada tahun tersebut diperingati Maulid Nabi tuntuk ahun 1402 H dan untuk tahun 1403 H.

Sedangkan untuk tahun 2015 ini, telah diperingati Maulid Nabi untuk tahun 1436 H yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2015 yang lalu, dan juga sekaligus akan diperingati Maulid Nabi untuk tahun 1437 H yang jatuh pada tanggal 24 Desember 2015 ini.

Nah, istimewa bukan ?.

Sahabat dan Kerabat, bagi yang memperingatinya, semoga peringatan Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 24 Desember 2015 ini, akan bisa menjadi momentum yang tepat untuk kembali bisa mengingat dan mengikuti suri teladan yang telah dicontohkan oleh beliau, dimana Allah SWT telah berfirman : "‎Sesungguhnya pada (diri) Rasulullah itu telah ada suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat serta banyak berdzikir kepada Allah”. (QS. Al-Ahzab : 21), ‎sehingga dengan itu semoga kita akan bisa menjalani kehidupan dan penghidupan (beragama Islam) yang benar, sejalan dengan perintah dan larangan Allah SWT. dan Rasul-Nya.

Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar