Senin, 21 September 2015

Bejo tidak bodoh

Ketika seorg pengusaha sdng memotong rambut nya pada tukang cukur yg berdomisili tak jauh dari kantornya, mereka melihat ada seorg anak kecil berlari2 & melompat2 di depan mereka.

Tukang cukur berkata, 
"Itu Bejo, dia anak paling bodoh di dunia"
"Apa iya?" jwb pengusaha

Lalu tukang cukur memanggil si Bejo, 
ia merogoh kantongnya dan mengeluarkan lembaran uang Rp. 1000 dan Rp. 500, lalu menyuruh Bejo memilih, 
"Bejo, kamu boleh pilih & ambil salah satu uang ini, terserah kamu mau pilih yg mana, ayo!"

Bejo melihat ke tangan tukang cukur disana ada uang Rp. 1000 & Rp. 500, lalu dgn cepat tangannya bergerak mengambil uang Rp. 500.

Tukang cukur dgn perasaan benar & menang lalu berbalik kepada sang pengusaha dan berkata, "Benar kan yg saya katakan tadi, Bejo itu memang anak terbodoh yg pernah saya temui. Sudah tak terhitung berapa kali saya lakukan tes seperti tadi dan ia selalu mengambil uang logam yg nilainya paling kecil."

Setelah sang pengusaha selesai dipotong rambutnya, di perjalanan pulang dia bertemu dgn Bejo. 
Karena merasa penasaran dgn apa yang dilihat sebelumnya, dia memanggil Bejo lalu bertanya, 
"Bejo, tadi saya melihat waktu tukang cukur menawarkan uang lembaran Rp. 1000 & Rp. 500, saya lihat yg kamu ambil uang yg Rp. 500. Kenapa tak ambil yg Rp. 1000, nilainya kan lebih besar 2x lipat dari Rp. 500?"

Bejo berkata, 
"Saya tidak akan dapat lagi Rp. 500 setiap hari, karena tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya tdk ambil yg seribu. Kalau saya ambil Rp. 1000, berarti permainan akan selesai..."

Sahabat,
Banyak orang yg merasa lebih pintar dibandingkan orang lain, sehingga mereka sering menganggap remeh orang lain. 

Ukuran kepintaran seseorang hanya TUHAN yg mengetahuinya. 

Alangkah bijaksananya kita jika tidak menganggap diri sendiri lebih pintar dari orang lain.

Sahabat,
Jangan remehkan orang lain, karena setiap orang berharga dihadapan Tuhan dan juga jangan serakah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar