Senin, 21 September 2015

RAHASIAKAN AMAL SHOLIHMU

🌄Kisah dari Sunnah
📆Selasa, 22 September 2015

🚪RAHASIAKAN AMAL SHOLIHMU 🚪

👤Syahroni Mardani, Lc

Amal seorang hamba akan diterima oleh Allah mesti memenuhi dua syarat yaitu Ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Rosulullah SAW.

Beramal baik dan menampakannya agar bisa menjadi contoh orang lain memang bukanlah dilarang dan juga bukan berarti kita tidak ikhlas, karena memang ikhlas bukan terletak pada ditampakkan atau tidaknya amalan kebaikan kita, tetapi setidaknya dari kisah-kisah berikut dapatlah kita ketahui “posisi khusus” yang Allah janjikan dan Rasulullah SAW khabarkan bagi mereka yang menyembunyikan amal-amal baiknya.

قال سعد بن أبي وقاص : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول "إن الله يحب العبد التقي الغني الخفي". (رواه مسلم) 
Saad bin Abi Waqqas berkata, Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah swt senang pada hamba-Nya yang bertaqwa, kaya (hatinya) dan suka menyembunyikan amalnya.
(HR Muslim)

"من استطاع منكم أن يكون له  خبء من عمل صالح فليفعل“
“Barang siapa yang dapat memiliki amal soleh yang disembunyikannya, maka lakukanlah”

"اكتم من حسناتك كما تكتم من سيئاتك" 
Salamah bin Dinar berkata, “Sembunyikanlah kebaikanmu seperti engkau sembunyikan keburukanmu”

SHALAT SUNNAH DI RUMAH
صلوا أيها الناس في بيوتكم فإن أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة (متفق عليه) 
“Wahai sahabatku, shalatlah kalian di rumah kalian. Sesung-guhnya sebaik-baik shalatnya seseorang adalah shalat yang dikerjakan di rumahnya sendiri, kecuali shalat wajib (shalat fardhu).  (Muttafaq Alaih)

صلاة الرجل تطوعا حيث لا يراه الناس تعدل صلاته علي أعين الناس خمسا وعشرون  (رواه أبويعلى)  
Shalat sunnahnya seseorang jauh dari pandangan manusia (tak ada orang yang melihat) jika dibandingkan dengan shalatnya dihadapan manusia, bandingannya (pahalanya) 25 kali lipat. (HR Abu Ya’la)

MERAHASIAKAN PUASA SUNNAH
"إذا كان يوم  صوم أحدكم فليصبح دهينا مترجلا"  
Sahabat Ibnu Abbas berkata, “Jika salah seorang diantaramu sedang berpuasa, maka hendaklah dia memakai minyak wangi da bersisirlah”. (selalu berpenampilan segar, sehingga orang lain tak menyangka kalau dia sedang berpuasa)

MERAHASIAKAN DOA ; MENDOAKAN ORANG LAIN TANPA BILANG BILANG 
Dari Abu Darda ra sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya tanpa saudaranya tahu adalah sangat mustajab. Di atas kepala orang yang sedang berdoa ini ada malaikat yang menyertainya. Setiap dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat berkata, “Amin, engkau juga mendapatkan hal yang sama”. (HR Muslim)

 العبد المسلم يغفر له وهو نائم  
Ummu Darda meriwayatkan bahwa Abu Darda pernah berkata, “Seorang hamba muslim diampuni dosanya padahal dia sedang tidur”. Ummu Darda bertanya, “Bagaimana maksudnya dia diampuni padahal dia sedang tidur?”. Abu Darda menjelaskan, “Saat dia sedang tidur, saudaranya bangun malam untuk qiyamullail dan mendoakan orang yang sedang tidur ini. Doanya dikabulkan Allah. Lalu, orang yang tidur ini bangun dan juga bangun untuk qiyamullail dan juga mendoakan saudaranya yang pertama tadi. Doanya juga dikabulkan Allah”. (HR Bukhari)

من كنوزالبر كتمان المصائب والأمراض والصدقة (رواه أبونعيم)
Rasulullah saw bersabda, “Termasuk perbendaharaan kebaikan adalah merahasiakan musibah, penyakit dan sodaqoh”. (HR Abu Nuaim).

Dari Abu Hurairoh ra dari Nabi saw bersabda, “Ada tujuh golongan yang akan mendapatkan perlindungan dari Allah pada saat tak ada perlindungan lain selain perlindungan Allah swt: … seseorang yang bersedekah dan dia sembunyikan sedekahnya hingga tangan kirinya tak tahu apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya,.. (Muttafaq Alaih)

  "الجاهر بالقرآن كالجاهر بالصدقة والمُسِر بالقرآن كالمُسِر بالصدقة"
 “Orang yang mengeraskan suara saat membaca Al Quran bagaikan orang yang menampakkan sedekahnya. Dan orang yang merendahkan suaranya saat membaca Al Quran bagaikan orang yang merahasiakan sedekahnya. (HR Ahmad).

Semoga kisah-kisah dalam Sunnah di atas dapat menginspirasikan kita dalam beramal dan semoga Allah menerima segala amal ibadah kita. Aaamiiin.

🌼Dipersembahkan oleh grup WA - MANIS - MAJELIS IMAN ISLAM 🌼

- Twitter: @GrupMANIS
- Blog: www.grupmanis.blogspot.com

💼 Sebarkan! Raih pahala...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar