Selasa, 08 September 2015

MANUVER DA'WAH RASULULLAH SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM SAAT MUSIM HAJI


:scroll: الرسول في موسم الحج

جاء موسم الحج في السنة العاشرة من البعثة، فاجتمعت القبائل من كل مكان وبدأ الرسول صلى الله عليه وسلم يدعوهم قائلا: (يا أيها الناس، قولوا لا إله إلا الله تفلحوا، وتملكوا بها العرب، وتذل لكم العجم، وإذا آمنتم كنتم ملوكًا في الجنة) _[الطبراني وابن سعد] ووجد الرسول صلى الله عليه وسلم ستة رجال من (يثرب) يتحدثون، فاقترب منهم، وقال لهم: (من أنتم؟) قالوا: نفر من الخزرج. قال: أَمِنْ موالى يهود (أي من حلفائهم)؟ قالوا: نعم. قال: أفلا تجلسون أكلمكم؟. قالوا: بلى. فجلس معهم وحدثهم عن الإسلام، وتلا عليهم القرآن، فانشرحت له صدورهم، وظهرت علامات القبول على وجوههم، وكانت بينهم وبين اليهود عداوة، فكان اليهود يهددونهم بظهور نبي، وسوف يؤيدونه ويقاتلونهم معه، فلما سمعوا كلام الرسول صلى الله عليه وسلم نظر بعضهم لبعض وقالوا: تعلمون والله إنه النبي الذي توعدكم به اليهود فلا يسبقُنَّكُم إليه .. فأجابوا الرسول صلى الله عليه وسلم فيما دعاهم إليه، ووعدوه بأن يقابلوه في العام المقبل، ثم انصرفوا إلى قومهم وحدثوهم عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، فانتشرت أخباره في يثرب.[ابن إسحاق]. 


:point_right: Saat musim haji th 10 kenabian, rombongan dari berbagai kabilah berkumpul di mekkah, Rasulullah memanfaatkan momen tsb utk mendakwahkan mereka seraya bersabda :

:heavy_check_mark: " wahai manusia, ucapkanlah oleh kalian laa ilaaha illallah maka kalian akan menang dan dg kalimat itu kalian akan menguasai arab dan akan tunduk kepada kalian selain arab, jika kalian benar benar beriman maka kalian akan menjadi raja dan penguasa di surga" ( HR Thabrany dan Ibnu Sa'ad ) 

Setelah menyampaikan hal itu tiba-tiba Rasulullah menjumpai 6 orang pembesar Yatsrib sedang bercengkrama. Rasul segera menghampiri mereka seraya berkata : "Siapakah kalian?" Tanya Rasul. 

"Kami dari Khazraj," Jawab mereka. 

"Apakah kalian bermitra dengan Yahudi". Tanya Rasul.lagi.

"ya", jawab mereka.

Dengan lembut Rasul pun berkata, "Sudikah kalian duduk sejenak, ada hal yang ingin aku sampaikan", merekapun bersedia duduk, Rasul mulai menyampaikan kepada mereka tentang Islam dan membacakan beberapa ayat Al Quran, lalu terbukalah hati mereka. Tampak gurat di wajah mereka menunjukkan sikap penerimaan yang baik. Keenam orang itupun saling berbisik satu dg lainnya seraya berkata, "Sesungguhnya orang ini adalah nabi sebagaimana yang dijanjikan oleh orang orang yahudi, jangan sampai kalian kedahuluan oleh mereka."

Merekapun menyambut dakwah Rasul dengan penuh antusias dan berjanji akan datang lagi nanti di tahun depan. Lalu keenam orang tsb pulang ke Yatsrib dan mereka menyampaikan kepada kaumnya apa yang mereka dapat dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, sehingga tersiarlah berita tentang Islam di sana ( Ibnu Ishaq )

:memo: Durus wa 'Ibar (Pelajaran dan Hikmah)

:one: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah pribadi yang ramah, supel, humble, populis, mau bertegur sapa.

:two: Rasulullah dalam berdakwah gencar dan intens menyasar sdm potensial untuk kemenangan dakwah. 

:three: Rasulullah mengajarkan umatnya, agar tidak eksklusif, dan jago kandang, tapi mau bergaul menyapa dan memanfaatkan momen-momen penting untuk menyampaikan dakwah

:four: Memilih narasi yang tepat sesuai dengan suasana psikologis objek dakwah, krn itu Rasulullah menyampaikan tentang kemenangan bangsa arab, kekuasaan dan ketundukan pihak lain kepada mereka.

:five: Mimik, bahasa tubuh dan kesantunan dalam betucap,membuat orang senang mendengarkan dakwah dan menerimanya dengan senang hati.

:six: Relevansi kalimat " Laa ilaaha illallah" dengan kemenangan adalah jika kalimat tersebut diejawantahkan dalam amal kualitatif kehidupan nyata. Bukan amal kuantitatif sekedar diucapkan ber ulang ulang.

:seven: Jika Rasul Shallallahu 'Alaihi wa Sallam hampir tiap hari keluar rumah untuk berdakwah. Akankah kita berleha-leha di rumah tanpa ada sedikitpun manuver dan aktifitas dakwah?

(Bersambung senin depan .... Insya Allah) 

:large_blue_diamond::large_orange_diamond::large_blue_diamond::large_orange_diamond:

Ust Muh. Sa'id, M.Hum. حفظه الله تعالي 

:herb:Dipersembahkan oleh Grup WA - MANTAP - MAJELIS NGAJI TAPOS, DEPOK:herb:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar